Skip to main content
slogan

Selamat datang di website Lembaga Sertifikasi Profesi Industri Pupuk Indonesia (LSP IPI). Maju Bersama LSP IPI Menuju Indonesia Kompeten

DIPA 2018

Penyerahan Dokumen DIPA tahun 2018

Bogor - Pada hari Rabu ( 06/12), Presiden Republik Indonesia selaku pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan negara menyerahkan Dokumen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2018 kepada para Menteri, Pimpinan Lembaga selaku Pengguna Anggaran, Menteri Keuangan sebagai Bendahara Umum Negara, dan para Gubernur yang merupakan wakil pemerintah pusat di daerah. 

Acara Penyerahan DIPA dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2018 serta Anugerah "Dana Rakca" Tahun 2017 di Istana Kepresidenan Bogor ini dihadiri oleh Presiden dan Wakil presiden, seluruh Menteri Kabinet Kerja dan para Pimpinan Daerah. 

Sebagai upaya untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran di pusat dan daerah, proses administrasi penyelesaian dan penyampaian DIPA Tahun 2018 dilakukan sebelum tahun berjalan dimulai. 

“Dokumen DIPA Tahun 2018 merupakan dokumen final untuk alokasi anggaran bagi Kementerian dan Lembaga untuk memulai seluruh program dan kegiatan pembangunan yang telah direncanakan untuk tahun 2018”, ungkap Menteri Keuangan dalam sambutannya. 

Dengan tema APBN 2018, Pemantapan Pengelolaan Fiskal untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Berkeadilan, diharapkan dapat memberikan manfaat nyata kepada seluruh rakyat Indonesia. 

“APBN tahun 2018 bertema Pemantapan Pengelolaan Fiskal untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Berkeadilan. Dengan tema tersebut adalah sesuai dan menunjang tema Rencana Kerja Pemerintah yaitu Memacu Investasi dan Infrastruktur untuk Pertumbuhan dan Pemerataan" ujar Menkeu. 

Menteri Keuangan optimis capaian pertumbuhan ekonomi pada 2017 di atas 5% sehingga menjadi landasan pemerintah untuk merealisasikan target pertumbuhan ekonomi di tahun 2018 yang diasumsikan sebesar 5,4%. (cys)