Skip to main content
slogan

Selamat datang di website Lembaga Sertifikasi Profesi Industri Pupuk Indonesia (LSP IPI). Maju Bersama LSP IPI Menuju Indonesia Kompeten

SMP PKT

Pupuk Kaltim Raih Sertifikat dan Plakat Emas Sistem Manajemen Pengamanan

Untuk mewujudkan kepatuhan dan komitmen perusahaan sebagai Obyek Vital Nasional (OBVITNAS) terhadap peraturan perundangan, Pupuk Kaltim mengimplementasikan Sistem Manajemen Pengamanan yang berbasis pada Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 dengan melaksanakan Audit Sistem Manajemen Pengamanan (SMP).

Pelaksanaan Audit SMP dibagi dalam dua tahap, tahap pertama adalah Pre Audit yang dilaksanakan pada tanggal 25 s.d 27 Oktober 2017 dan tahap kedua adalah Final Audit yang dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 17 November 2017. Setelah Final Audit, berikutnya akan dilakukan verifikasi langsung oleh Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia. Pelaksanaan Audit dipimpim oleh Andri Wahyu Dinata dan Bambang Setijoko dari PT Sucofindo Jakarta, serta didampingi oleh Minto Dinoto dari Kepolisian Daerah Kalimantan Timur.

Tujuan sertifikasi ini adalah untuk mendapatkan peningkatan kinerja pengamanan melalui Sistem Manajemen Pengamanan di Pupuk Kaltim berdasarkan standar Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007. Ruang lingkup Audit SMP meliputi: Pemeliharaan dan Pembangunan Komitmen, Pemenuhan Aspek Peraturan Perundangan Keamanan, Manajemen Risiko Pengamanan, Tujuan dan Sasaran, Perencanaandan Program, Pelatihan, Kepedulian, dan Kompetensi Pengamanan, Konsultasi, komunikasi dan Partisipasi, Pengendalian Dokumen dan Catatan, Penanganan Keadaan Darurat, Pengendalian Operasional, Pemantauan dan Pengukuran Kinerja Pengamanan, Pelaporan, Perbaikan dan Pencegahan Ketidaksesuaian, Pengumpulan dan Analisa Data, Audit Sistem Manajemen Pengamanan, Tinjauan Manajemen serta Peningkatan Berkelanjutan.

Closing meeting Final Audit SMP (17/11/2017), diawali dengan pemaparan hasil Audit oleh Auditor, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari DirekturTeknik & Pengembangan, Satriyo Nugroho, melalui sambungan video conference Bontang-Jakarta. Dalam sambutannya Satriyo mengatakan perbaikan berkelanjutan dan inovasi di segala lini menjadi kunci keberhasilan Pupuk Kaltim dalam mengimplementasikan Sistem Manajemen Terintegrasi termasuk didalamnya Sistem Manajemen Pengamanan, Satriyo juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan turut mensukseskan pelaksanaan Audit SMP di PupukKaltim.

Dalam Final Audit SMP, Pupuk Kaltim memperoleh nilai 89,39 dan berhak memperoleh sertifikat dan plakat emas. Sertifikat tersebut berlaku selama tigatahun dan akan dilakukan surveillance pada tahun pertama dan kedua. Nilai yang diperoleh Pupuk Kaltim tersebut merupakan nilai tertinggi diantara Anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) Group lainnya, selanjutnya sertifikat dan plakat emas akan diserahkan setelah agenda verifikasi oleh Mabes POLRI selesai. (Puguh)