Skip to main content
slogan

Selamat datang di website Lembaga Sertifikasi Profesi Industri Pupuk Indonesia (LSP IPI). Maju Bersama LSP IPI Menuju Indonesia Kompeten

Roesan

Sinergi BUMN dan Swasta Picu Iklim Investasi Yang Positif

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai, sinergi antara BUMN dan swasta dapat berbuah positif bagi perekonomian nasional.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeskani mengungkapkan, sinergi yang terjadi justru bisa memacu iklim kompetisi yang positif antara Swasta dan BUMN sekaligus saling melengkapi kelemahan internal masing-masing organisasi.

"Kita meyakini bahwa sinergi BUMN-Swasta tidak akan mengendorkan dan mematikan iklim kompetisi antara kedua pihak. Persaingan yang dilakukan secara positif akan memberikan kemanfaatan kepada masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan pada masyarakat," ujar Rosan di Jakarta (17/11/2017).

Rosan mencontohkan pembangunan infrastruktur yang membutuhkan anggaran dan sumber daya yang besar. Dalam konteks seperti inilah, sinergi BUMN dan swasta dibutuhkan. Keduanya dapat saling menopang dalam hal anggaran maupun sumber daya produktif.

Ketum Kadin juga mengangkat sinergitas tersebut dalam konteks yang lebih luas. Prediksi lembaga-lembaga dunia terkait perkembangan ekonomi negara-negara dunia menempatkan Indonesia sebagai salah satu calon raksasa ekonomi dalam beberapa tahun mendatang.

Berdasarkan Survey PwC menempatkan Indonesia pada posisi empat besar negara dengan ekonomi terbesar di tahun 2050.

"Proyeksi ini akan menjadi kenyataan bila swasta dan BUMN sebagai penggerak ekonomi domestik mampu bersinergi untuk mendorong pertumbuhan," kata Rosan.

 

Sumber