Skip to main content
slogan

Selamat datang di website Lembaga Sertifikasi Profesi Industri Pupuk Indonesia (LSP IPI). Maju Bersama LSP IPI Menuju Indonesia Kompeten

Uji Kompetensi PUSRI

Uji Kompetensi Sertifikasi LSP-IPI di TUK Pusri Palembang

Selama tahun 2017, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang telah melaksanakan 2 kali Uji Kompetensi Sertifikasi LSP IPI. Uji Kompetensi kedua ini dilaksanakan pada tanggal 18-21 Desember 2017 dan dibuka oleh Bapak Apep Kurnialy selaku Ketua Tempat Uji Kompetensi PT Pusri Palembang.

Bidang yang diujikan adalah Bidang Operasi Amoniak, Skema Klaster Feed Treatment & Steam Reforming dengan unit kompetensi Mengoperasikan Desulfurizer, Mengoperasikan Primary Reformer dan Mengoperasikan Secondary Reformer serta Bidang Operasi Urea serta Skema Klaster Urea Purifikasi dan Recovery dengan unit kompetensi Mengoperasikan HP/P & LP Decomposer/Resirkulasi dan Mengoperasikan unit Recovery.

Jumlah asesor yang melakukan uji kompetensi sertifikasi sebanyak 14 orang yang berasal dari PT Pusri Palembang dan PT Pupuk Kaltim, 8 orang asesor bidang amoniak dan 6 orang bidang urea. Masing-masing bidang dibagi dalam 3 kelompok.

Sebelum melaksanakan uji kompetensi sertifikasi, calon asesor melakukan peer to peer untuk memastikan kompetensi dari masing-masing calon asesor sesuai skema yang akan diuji. Hasil dari Peer to Peer, 14 orang calon asesor dinyatakan KOMPETEN.

Jumlah peserta uji kompetensi sertifikasi di bulan Desember 2017 direncanakan sebanyak 120 orang/asesi, 60 orang/asesi bidang amoniak dan 60 orang/asesi bidang urea, namun yang hadir 115 orang/asesi, 57 orang/asesi bidang amoniak dan 58 orang/asesi bidang urea. Hasil uji kompetensi sertifikasi yang direkomendasikan KOMPETEN sebanyak 115 orang/asesi.  

Total karyawan PT Pusri Palembang yang telah mengikuti uji kompetensi sertifikasi BNSP melalui  Lembaga Sertifikasi Profesi Industri Pupuk Indonesia (LSP IPI) sampai dengan Desember 2017 sebanyak 898 orang/asesi yang mencakup 5 bidang kompetensi yaitu : Bidang Operasi (Urea, Amoniak & Utilitas), Harmekal, Inspeksi Teknik, K3 dan Laboratorium  

BA
Penyerahan Berita Acara Pelaksanaan Uji Kompetensi Sertifikasi dari Ibu Muslimah kepada Bapak Zulkarnain Tje'Mat

Uji kompetensi Sertifikasi ditutup pada hari Kamis, tanggal 21 Desember 2017 oleh Ketua TUK PT Pusri Palembang.  Setelah selesai acara penutupan pelaksanaan uji kompetensi sertifikasi, selanjutnya  dilakukan pengambilan keputusan oleh Komite Teknik yang ditunjuk oleh Ketua LSP IPI sesuai surat tugas dari Ketua LSP IPI nomor U-211/LSP-IPI/XI/2017 tanggal 19 Desember 2017 dan hasil keputusan dari komite teknik bahwa 115 orang/asesi  dinyatakan KOMPETEN.  

Penyerahan Berita Acara Pelaksanaan Uji Kompetensi Sertifikasi dilakukan oleh Ibu Muslimah, selaku pengurus TUK PT Pusri kepada Bapak Zulkarnain Tje’Mat, selaku Wakil Ketua LSP IPI Pusat yang mengawasi langsung pelaksanaan Uji Kompetensi Sertifikasi di TUK PT Pusri Palembang.